Simbol Sederhana Ditutup Botol Namun Tidak Pernah di Perhatikan

0
57

Beritabodoh.com – Pernahkah kalian menyadari atau memperhatikan simbol segitiga di bawah kemasan botol plastik yang didalamnya bertuliskan angka tertentu?, Jika kalian sering memperhatikannya pasti kalian sudah mengerti apa artinya.

Mungkin belum seutuhnya paham, bahkan belum ada yang tau juga mengenai Symbol di bawah botol atau gelas plastik. Setiap symbol yang ada, memiliki angka di tengah segitiga tersebut terdapat angka 1 – 7.

Berikut beberapa penjelasannya mengenai symbol PET di bawah botol atau gelas plastik.

1. PET atau PETE (Polyethylene Terephthalate)

Plastik dengan tulisan angka 1 ini paling banyak digunakan sebagai bahan daur ulang. Jenis ini biasanya berwarna bening dan digunakan untuk kemasan botol minuman sekali pakai. Ada yang mengatakan cukup aman, namun jenis plastik ini juga dikenal dapat membuat bakteri terakumulasi. Pastikan hanya menggunakan botol plastik jenis ini sekali saja (alias TIDAK untuk digunakan berulang kali).

2. HDPE (High Density Polyethylene)

Plastik jenis ini biasanya berwarna opaque (buram). Plastik ini juga sering sekali dijadikan bahan daur ulang. Jenis ini temasuk salah satu dari 3 jenis plastik yang dikategorikan aman dan memiliki resiko rendah dari meleleh.

3. V (Vinyl) atau PVC (Poly Vinyl Chloride)

Plastik ini biasanya digunakan sebagai food wrap (pembungkus makanan) dan botol deterjen. Plastik jenis ini biasanya dan kemungkinan, mengandung phthalates, yang dihubungkan dengan banyak sekali masalah kesehatan seperti masalah pertumbuhan hingga keguguran janin.  Jangan memasak ataupun membakar plastik jenis ini.

4. LDPE (Low Density Polyethylene)

Plastik jenis ini kebanyakan ditemukan pada botol-botol yang bisa diremas, tas plastik untuk belanja, pembungkus makanan beku, dan beberapa jenis pembungkus makanan. Plastik jenis ini termasuk salah satu yang dikategorikan aman untuk digunakan.

5. PP (Poly Propylene)

Plastik ini juga termasuk salah satu jenis plasik yang aman untuk digunakan. Biasanya digunakan sebagai wadah yogurt, botol kecap, botol sirup dan botol obat-obatan.

6. PS (Poly Styrene)

Plastik jenis ini beresiko terhadap kesehatan, dapat menyebabkan kebocoran zat kimia yang beracun, terutama jika dipanaskan. Kebanyakan program daur ulang tidak mau menerima plastik jenis ini. Karena plastik ini sangat sulit untuk didaur ulang, sehingga berbahaya bagi lingkungan.

7. Lain-Lain

Biasanya keterangan ini terdapat pada botol minuman tertentu dengan kualitas yang sangat baik. Jika bertuliskan BPA-free / PLA, maka botol tersebut dikategorikan aman untuk digunakan dan tidak berbahaya untuk kesehatan.

Facebook Comments
game poker offline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here