Soal Keripik Jamur yang Bisa Bikin Halusinasi, Ini Tanggapan BPOM

0
95

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan klarifikasi terkait beredarnya produk keripik jamur dengan logo Snack Good. Pernyataan tersebut dirilis di Instagram resminya @bpom_ri.

Isu keripik jamur tersebut ternyata bukan pertama kalinya menyebar di masyarakat. Menurut penelusuran BeritaBodoh di internet pada Kamis (6/9/2018) isu tersebut pernah beredar pada 2017.

BPOM menyatakan bahwa keripik jamur Snack Good dibuat dari jamur psilosibin (Psilocybin sp.) yang dikenal sebagai “magic mushroom”. Jamur tersebut dapat tumbuh secara alami di kotoran hewan, lumur, ranting, atau kayu yang busuk.

“Mengingat jamur ini tumbuh di kotoran hewan maka dikenal sebagai jamur tahi sapi,” tulis pernyataan tersebut yang diunggah pada Rabu (5/9/2018).

BPOM mengatakan Psilosibin mempunyai sifat halusinasi, dapat mengubah suasana hati, mengubah persepsi diri dan/atau dunia sekeliling, serta meluapkan perasaan baik rasa rasa senang maupun sedih.

Dengan tegas BPOM menyatakan produk itu tidak terdaftar atau memiliki izin edar, baik nomor izin edar Badan POM (MD) maupun izin edar Dinas Kesehatan (PIRT).. Sehingga dikategorikan sebagai produk pangan ilegal.

Facebook Comments
game poker offline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here