4 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gemuk

0
46

Beritabodoh.com – Takut karena Badan Gemuk ? Sebentar. Mungkin ada yang salah dengan pola makan atau kebiasaan sehari-hari kalian. Pada umumnya, badan menjadi gemuk tidak selamanya dari pola makan yang tidak teratur.

Ada macam-macam pola makan dan kebiasaan buruk di keseharian kalian dan tak disadari bisa membuat berat badan meningkat cepat. Apa saja ?

  1. Terlalu Cepat Saat MakanSaat makan terlalu cepat, tubuk tidak di beri kesempatan untuk menyampaikan informasi ke otak bahwa asupan makanan sudah melebihi dari cukup. Karena terlalu cepat, maka tubuh kita akan menerima asupan yang lebih dibandingkan dengan yang di butuhkan oleh tubuh.Solusi yang tepat adalah, cobalah untuk membuat cara makan kalian dengan memperlambat waktu makan dan menguyah lebih banyak untuk menikmati makanan yang kalian makan. Sehingga tubuh bisa menyampaikan pesan ke otak kita bahwa perut sudah terisi penuh
  2. Kurang Tidur
    Ketika kita terlalu sedikit menutup mata untuk tidur, metabolisme tubuh akan melambat untuk menghemat energi. Perlambatan ini kemudian memicu hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan. Tubuh kemudian berpikir bahwa kita membutuhkan banyak energi sehingga ia meminta lebih banyak makanan.Tak hanya itu, dalam penelitian lain ditemukan bukti bahwa orang-orang yang kurang tidur berisiko memiliki lemak perut atau visceral. Jika dibiarkan terus menerus, lemak perut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.
  3. Kurang Minum
    Orang yang kurang minum berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya bisa membuat berat badan cepat naik.Penelitian membuktikan rasa haus sering disalahartikan oleh tubuh sebagai sinyal rasa lapar oleh tubuh. Oleh sebab itu, hasil penelitian membuktikan bahwa orang yang minum dua cangkir air sebelum sarapan mengonsumsi 22 persen kalori lebih rendah pada makanan dibandingkan dengan yang tidak minum air sama sekali.
  4. Makan Cemilan Tidak Sehat
    Rasa lapar dalam tubuh yang berlebihan adalah penyebab membuat badan kalian menjadi gemuk. Ketika seseorang merasa lapar, ia akan makan dalam porsi yang besar. Akibatnya, nafsu makan menjadi tidak terkendali dan melahap semua makanan yang ada di depannya baik yang sehat maupun yang tidak.Namun bukan sembarang camilan, karena sebaiknya kita memilih snack sehat yang dapat mengatasi rasa lapar sekaligus mengekang keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat.
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here