Bencana Alam Sepanjang 2018

0
111

Beritabodoh.com – Letak geografis Indonesia yang dikelilingi oleh lautan membuat negeri ini berpotensi dihantam banyak bencana alam. Terhitung sejak awal tahun 2018, terjadi sejumlah bencana alam dengan dampak besar yang melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Tetap bagaimanapun bencana alam tidak bisa di perkirakan dengan akurat, namun masih bisa untuk di antisipasi dan penanggulannya. Berikut beberapa bencana alam yang terjadi dari Januari hingga Desember 2018.

Berita Lainnya : Tsunami di Selat Sunda, Membuat Gelombang Tinggi Menghampiri Serang dan Lampung

1. Gempa di Lebak Banten – Januari

Gempa bumi dengan kekuatan 6.1 SR terjadi di barat daya Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (23/1/2018). Gempa bumi tersebut menyebabkan kerusakan yang cukup besar.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (26/1/2018), menyatakan sebanyak 2.760 rumah rusak akibat gempa tersebut.

Selain itu juga terdapat kerusakan bangunan lainnya meliputi 7 unit fasilitas peribadatan, 2 unit fasilitas kesehatan, 17 unit fasilitas pendidikan, 6 unit kantor atau gedung pemerintahan, dan 63 unit fasilitas umum.

2. Gunung Sinabung – April

Setelah beberapa waktu mengalami penurunan aktifitas vulkanik, Jumat (6/4/2018) petang, gunung Sinabung kembali meletus dengan tinggi kolom abu lebih dari 5.000 meter.

Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) dan Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung melaporkan, terjadi luncuran awan panas sejauh 3.500 meter ke arah ke tenggara dan selatan.

3. Gempa Lombok – Agustus

Gempa berkekuatan 7.0 SR mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/8/2018). Gempa tersebut terjadi sekitar pukul  18:46:35 WIB.

Titik gempa berada di 8.37 Lintang Selatan – 116.48 Bujur Timur tepatnya 18 kilometer barat laut Lombok Timur, NTB dengan kedalaman 15 kilometer.

Korban meninggal dunia akibat gempa yang mengguncang Lombok pada Agustus 2018, tercatat mencapai 564 orang. Selain itu, tercatat terdapat 42.239 rumah dan 458 unit sekolah yang mengalami kerusakan.

4. Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala – September

Terjadi lagi gempa bumi dan juga tsunami terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Gempa pertama kali mengguncang Donggala pukul 14.00 WIB. Gempa tersebut berkekuatan 6 SR dengan kedalaman 10 km dari permukan laut.

Setelah gempa pertama tersebut, terjadi kembali gempa pukul 17.02 WIB dengan kekuatan yang lebih besar, sekitar 7,4 SR dengan kedalaman yang sama, 10 km di jalur sesar Palu Koro.

Lima menit setelah gempa, rangkaian bencana yang terjadi, ternyata belum berakhir. Sekitar pukul 17.22 WIB tsunami terjadi dengan ketinggian mencapai 6 meter. Sejak gempa dan tsunami terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, sejumlah gempa susulan terus terjadi di kawasan tersebut hingga Jumat malam.

Tercatat, setidaknya ada 13 gempa dengan kekuatan di atas 5 SR sejak pukul 14.00 WIB hingga 21.26 WIB. Korban meninggal akibat gempa bumi dan tsunami yang melanda Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi Sulawesi Tengah tercatat mencapai 2.073 orang.

Baca Juga : Fakta 5 Hewan Imut yang Mematikan

5. Tsunami Banten – Desember

Baru terjadi 3 hari yang lalu tepatnya Pada Sabtu, (22/12/2018) malam, sekitar pukul 21.27 WIB malam, tsunami di Selat Sunda menerjang pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan.

Tim SAR Gabungan terus berupaya mengevakuasi korban meninggal maupun selamat. Sampai saat ini terdapat 222 orang meninggal, 843 orang luka luka, dan 28 masih dalam pencarian.

Tsunami tersebut bukan akibat dari gempa bumi, melainkan adanya aktivitas tektonik. Tsunami dimungkinkan akibat longsor bawah laut karena pengaruh dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Selain itu, pada saat yang bersamaan terjadi gelombang pasang akibat pengaruh bulan purnama. Sehingga, terdapat kombinasi fenomena alam, yakni tsunami dan gelombang pasang.

Mari kita bersama sama untuk mendoakan untuk para korban bencana alam, agar tetap tegar dalam menghadapi segala benca. Untuk yang di tinggalkan semoga amal dan ibadahnya di terima oleh yang Maha Kuasa.

 

Facebook Comments
game poker offline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here